Rabu, 23 Desember 2009

KETRAMPILAN MENULIS

BAB V

KETERAMPILAN MENULIS
A.Hakekat Menulis Sebagai Aspek Ketrampilan Berbahasa
1.Pengertian menulis
Menulis adalah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang di pahami seseorang sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu.
2.Fungsi dan tujuan menulis
Fungsi utama dari tulisan adalah sebagai alat komunikasi yang tidak langsung.Penulis yang ulung adalah penulis yang dapat memanfaatkan situasi dengan tepat.Situasi yang harus di perhatikan dan dimanfaatkan itu adalah :
a.maksud dan tujuan penulis
b.pembaca atau pemirsa
c.waktu dan kesempatan.
Hugo Harting merangkum tujuan penulisan sebagai berikut :
a.Assignment purpose(tujuan penugasan)
Penulis menukis sesuatu karena di tugaskan bukan atas kemauan sendiri.
b.Altruistic purpose (tujuan altruistic)
Penulis bertujuan untuk menyenangkan para pembaca,menghindarkan kedudukan para pembaca, ingin menolong para pembaca memahami, menghargai perasaan dan penalaranya , ingin membuat hidup para pembaca lebih mudah dan lebih menyenangkan dengan karyanya itu.
c.Persuasive purpose(tujuan persuasif)
Tulisan yang bertujuan meyakinkan para pembaca akan kebenaran gagasan yang diutarakan.
d.Informational purpose(tujuan informasional,tujuan penerangan)
Tulisan yang bertujuan memberi informasi atau keterangan /penerangan kepada pembaca.
E.Selfexpressive purpose(tujuan pernyataan diri)
Tulisan yang bertujuan memperkenalkan atau menyatakan diri sang pengarang kepada para pembaca.
F.Creative purpose(tujuan kreatif)
Tulisan yang mencapai nilai nilai artistic,nilai-nilai kesenian.
G.Problem-Solving purpose
Sang penelis memecahkan masalah yang dihadapi.

RAGAM TULISAN.
1.NARASI
Adl jenis karangan yang menceritakan rangkaian peristiwa berdasarkan urutan waktu.Narasi terdiri dari narasi ekspositoris dan narasi artistik/literer.
2.DESKRIPSI
Adl jenis karangan yang melukiskan atau menggambarkan suatu obyek sehingga pembaca ikut merasakan apa yang dituliskan si pengarang.
3.EKSPOSISI
Adl jenis karangan yang bertujuan menambah pengetahuan pembaca dengan cara memaparkan informasi secara akurat.
4.ARGUMENTASI
Adl jenis karangan yang bertujuan mempengaruhi pembaca dengan bukti yang jelas sehingga pembaca dapat percaya.

YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM KEGIATAN TULIS-MENULIS
1.Paragraf
2.Kerangka karangan
3.Langkah-langkah menyusun karangan
4.Pengembangan kerangka karangan.

LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN KARANGAN
1.Catat semua ide
2.Seleksi ide-ide secara tepat
3.Urutkan ide-ide secara tepat
4.Kelompokkan ide-ide yang berdekatan pada suatu heading
5.Langkah seleksi sudah dikerjakan

TEHNIK PENULISAN
Kemampuan menulis bisa dikembangkan dengan cara ;
1.Sering menulis berdasarkan kegunaan
2.memahami fakta bahwa ”menulis” adalah “ menengok kembali” atau memperdalam keahlian anda
3.memperoleh pengalaman editing yang akan bermanfaat tidak hanya untuk menulis akan tetapi secara keseluruhan bermanfaat untuk pengembangan kemampuan riset dan audit tori atau observasi
4.meublikasikan tulisan.

Tiga pilar utama dalam ketrampilan menulis
1.Aktifitas menulislah yang telah mengubah dunia
2.Aktifitas menulis secara nyata telah terbukti memperkaya kehdupan politik setiap Negara
3.Menulis juga bisa mengungkap secara sangat mendalam berbagai hal yang sering kali orang tidak melihatnya.

TUJUAN PEMBELAJARAN MENULIS

Menurut KERAF ;
1.Peserta didik mampu memilih dan menata gagasan dengan penalaran yang logis dan sistematis.
2.Peserta didik mampu menungkan ke dalam bentuk-bentuk tuturan Bahasa Indonesi sesuai dengan kaidah – kaidah Bahasa Indonesia.
3.Peserta didik mampu menuliskan sesuai dangan pedoman umum ejaaj Bahasa Indonesia yang di sempurnakan
4.Peserta didik mampu memilih ragm Bahasa Indonesia sesuai konteks komunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar