Rabu, 23 Desember 2009

KETRAMPILAN MEMBACA

KETRAMPILAN MEMBACA
Pengertian membaca
Membaca pada hakeketnya adalah proses ecoding oleh penerima pesan,yaitu poses memaknai bentuk-bentuk bahasa yang tertulis sehingga pesan yang disampaikan oleh pengirim dapat diterima oleh pengirim dapat diterima secara utuh.
Membaca dibedakan menjadi 3;
Pertama,pengertian yang sempit, yaitu pengertian yang menganggap membaca adalah proses pengenalan symbol-simbol.
Kedua,pengertian yang agak luas,pengertian ini memusatkan diri pada prosess pemahaman makna atau isi bacaan.
Ketiga,pengertian yang luas,pengertian yang memandang membaca meliputi pula proses atau kegiatan member respon kritis-kreatif terhadap bacaan dalam menemukan signifikasi,nilai fungsi dan hubungan isi bacaan itu dengan suatu kehidupan yang agak luas serta dampak masalah yang dipaparkan oleh pengarang.
Manfaat membaca,dengan membaca kita dapat mengetahui peristiwa-peristiwa waktu lampau atau waktu sekarang ditempat lain atau cerita yang menarik tentang kehidupan didunia.
Ragam Membaca
Tujuan utama dalam membaca adalah untuk mencari dan memperoleh informasi,mencakup isi,memahami makna bacaan.
1.membaca intensif
Membaca intensif adalah membaca dengan hati-hati dan teliti sekali dan biasanyapun cara membacanya sangat lambat-lambat.tujuanya adalah untuk memahami bahan bacaan itu sampai kepada bagian yang terkecil.
2.membaca kritist
Kegiatan ini merupakan jenis kegiatan membaca yang dilakukan secara bijaksana,bukan hanya mencari kesalahan belaka.
3.membaca cepat
Membaca cepaat mencakup dua jenis kegiatan yakni skimming dan scaning.skimming merupakan teknik untuk mencari hal-hal yang penting atau untuk mencari pokok bacaan.scanning merupakan teknik membaca untuk mendapatkan informasi tanpa membaca yang lain.
Hambatan dalam membaca:
a.vokalisasi
vokalisasi atau membaca dengan bersuara sangat memperlambat membaca,karena itu mengucapkan kata-kata dengan lengkap.
b.gerakan bibiri
mengerakan bibir atau dengan komatkamit sewaktu membaca atau tidak mengeluarkan suara sama lambatnya dengan bersuara.
c.gerakan kepala
mengerakkan kepala dari kiri ke kanan untuk dapat membaca baris-baris bacaan secara lengkap.
d.menunjuk dengan jari
untuk menjaga agar tidak ada kata-kata yang tidak ter lewati,maka dilakukan dengan bantuan jari atau pensil.
d.regeresi
kebiasaan selalu kembali kebelakang untuk melihat kata atau beberapa kata yang baru dibaca itu menjadi hambatan yang serius.
f.subvokalisasi
subvokalisasi atau melafalkan dalam batin/pikiran kata-kata yang dibaca juga dilakukan oleh pembaca yang kecepatanya tinggi.
4.membaca untuk keperluan praktis
Digunakan sebagai sarana untuk memahami setiap bacaan yang perlu untuk dibaca dengan praktis sesuai dengan kebutuhan masing-masing atau tujuan yang akan dicapai.
5.membaca untuk keperluan studi
Membaca untuk studi ialah membaca untuk memahami isi buku secara keseluruhan,baik pikiran pokok maupun pikiran-pikiran penjelas pemahaman yang komperensif tentang isi buku tercapai.
Berdasarkan jenis umum kekgiatan membaca dibedakan menjadi 2,yaitu membaca dalam hati dan membaca bersuara.membaca dalam hati merupakan kegiatan membaca yang mengandalkan kemampuan visual,pemahaman serta ingatan dalam menghadapi pembaca,tanpa mengeluarkan suara atau gerakan bibir.dan membaca bersuara adlah kegiatan membaca yang dilakukan dengan cara melafafalkan kata,kelompok kata,dan kalimat dari bacaan.membaca dalam hati dibedakan menjadi 2 yaitu membaca ekstensif dan intensif.Yang tergolong membaca ekstensif adalah membaca survei, membaca sekilas, membaca dangkal.Kemudian yang tergolong membaca intensif adalah membaca telaah isi dan membaca telaah bahasa.
Membaca Nyaring
Membaca nyaring adalah suatu aktifitas atau kegiatan yang merupakan alat bagi guru, murid ataupun pembaca bersama-sama dengan orang lain atau pendengar untuk menangkap serta memahami informasi, pikiran dan peranan seorang pengarang.
Membaca Dalam Hati
Membaca dalam hati merupakan proses membaca tanpa mengeluarkan suara.
Membaca Ekstensif
Membaca intensif
Membaca survey
Membaca sekilas
Membaca dangkal
Membaca teliti
Membaca pemahaman
Membaca kritis
Membaca ide
Membaca bahasa
Membaca sastra.

C.Teknik Membaca
1.teknik membaca Pre Reading Plan(PReP)
2.SQ3R

D.Pembelajaran Membaca dan Pembinaanya

1.Tugas dan tujuan umum pembelajaran membaca
Tugas pokok pengajaran membaca adalah membina siswa dalam bidang membaca.
2.Macam-macam pembelajaran membaca
a.berdasarkan bentuk umum mebaca
b.berdasarkan sifat umum membaca
c.berdasarkan tahapan-tahapan dalam belajar membaca
d.pembelajaran membaca berdasarkan tujuan

A.Teknik pembelajaran membaca
Tarigan mendiskripsikan aneka teknik pembelajaran membaca sebagai berikut :
1.lihat dan baca
2.menyusun kalimat
3.menyempurnakan paragraf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar